Blog
Dec 18

CloudA Bantu Infrastruktur IT Ekosistem Startup

Teknologi cloud computing menjadi salah satu pondasi utama bagi startup ataupun UMKM dalam menghadapi perkembangan industri yang bergerak dengan cepat. Kebutuhan penunjang seperti infrastruktur IT dengan biaya yang tidak murah sering menjadi kendala bagi startup dalam menjalankan bisnisnya. Skalabilitas dan stabilitas dalam menjalankan bisnis startup, sering ditemukan sistem yang crash atau tidak berjalan semestinya karena kurangnya perhatian terhadap sisi IT infrastruktur.

Pertimbangan biaya terhadap IT infrastruktur menjadi permasalahan bagi startup. Adapun melalui Cloud Accelerator (CloudA) sebagai cloud provider yang menyediakan berbagai macam layanan berbasis cloud, startup akan lebih fokus pada pengembangan bisnis dan menikmati fleksibilitas layanan cloud computing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna (pay as you use).

Dengan cara penggunaan yang sederhana dan cukup tersambung dengan koneksi internet, CloudA dapat dengan mudah diakses untuk memperoleh layanan cloud IaaS (infrastructure as a services), dan juga ke depannya akan dikembangkan pada layanan SaaS (software as a services) dan PaaS (platform as a services).

“Geliat teman-teman startup yang semakin gencar dalam menciptakan inovasi bisnis, tentunya CloudA sebagai Cloud Accelerator akan menjadi pondasi bagi para startup dalam mendukung peningkatan produktifitas bisnis dan menghemat biaya investasi dalam pengembangan IT infrastruktur”, ujar Sihmirmo Adi, CEO Telkomsigma.

Keamanan data juga menjadi hal penting bagi bisnis startup. Pemilihan cloud provider yang handal menjadi penting bagi startup yang ingin menjalankan bisnis tanpa adanya kendala. Dengan adanya local support 24 x7 di Indonesia, teknologi dari CloudA patut menjadi pilihan bagi startup dan UMKM. Hal ini menjadi benefit tersendiri dibandingkan dengan pemain global cloud computing yang tidak memiliki local support 24 x7 khususnya di Indonesia.

Server CloudA berada di data center Telkomsigma yang memiliki standar internasional dengan berbagai sertifikat. Di Indonesia terdapat 3 Data Center Telkomsigma yang bertempat di BSD, Sentul, dan Surabaya. Keunggulan yang dimiliki oleh Cloud Accelerator antara lain, memiliki fitur load balancer, bulit in dashboard console, serta self-provisioning dalam memilih layanan hingga pembayaran.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id