Blog
Jun 26

Pilih Cloud Hosting Terbaik dengan Memperhatikan Beberapa Hal Ini

Cloud hosting  kini menjadi incaran banyak pengguna web. Bagaimana tidak? Layanan ini memberikan banyak keuntungan kepada para penggunanya. Tak hanya membantu mengurangi biaya pemakaian hardware saja, namun juga dapat memberikan kecepatan processing yang baik, serta downtime yang minimal.

Namun, saat memilih cloud hosting indonesia  yang berkualitas, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Ada banyak layanan yang memberikan keunggulan dan keuntungan yang berbeda. Apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih cloud hosting yang tepat?

 

1. Kualitas layanan yang ditawarkan

Cari informasi yang lengkap mengenai layanan dan kualitasnya. Anda tentu tidak ingin mendapatkan layanan yang minimal namun harus membayar maksimal, bukan? Maka, carilah penyedia layanan yang benar-benar tepat dan mampu memberikan layanan yang maksimal. Penyedia layanan cloud hosting yang profesional biasanya bisa mengakomodir segala keperluan pelanggan, baik keperluan teknis maupun non teknis.

 

2. Perhatikan load balance

Sebuah layanan cloud hosting memiliki aspek yang paling krusial, apalagi kalau bukan load balance. Penyedia layanan cloud hosting yang profesional biasanya mampu menyediakan backup server untuk berjaga-jaga jika server utama mengalami masalah. Load balancer yang digunakan di sini membantu mengarahkan pengguna ke server yang aktif.

 

3. Keamanan yang terjamin

Cloud hosting yang baik tentulah yang memiliki keamanan terjamin. Ini menjadi salah satu aspek penting yang harus ada dalam sebuah cloud hosting. Sebab, sebagus apapun layanan cloud hosting tersebut akan sia-sia jika memiliki sistem keamanan yang buruk. Pilihlah layanan cloud hosting yang memiliki fitur keamanan yang terjamin agar semua data Anda terjaga dengan baik.

 

4. Lokasi penyimpanan data

Untuk Anda yang berencana untuk menyimpan data Anda di penyimpanan yang berlokasi di luar negeri, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama adalah reputasi provider tersebut, lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang aman dari bencana alam dan memiliki backup data yang baik.

 

5. Downtime history

Anda juga harus memperhatikan seberapa sering provider yang Anda pilih mengalami down dalam satu tahun. Bahkan, jika diperlukan carilah informasi atau track record provider tersebut. Tanyakan langsung pada provider tersebut atau bacalah review di internet.

 

Memilih layanan cloud hosting yang baik harus Anda lakukan agar bisa menemukan layanan terbaik untuk semua data Anda. Perhatikan hal-hal di atas agar Anda mendapatkan layanan cloud hosting terbaik.