Blog
Jun 26

Tiga Hal Tentang Data Center Yang Perlu Dipahami Lebih Jauh

Data center  memegang peran penting dalam aktivitas virtual dan segala hal yang berbasis digital. Mengapa demikian? Karena Data center merupakan sebuah fasilitas yang dipakai untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses seluruh aktivitas virtual berbasis data sehingga memungkinkan aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan terhubung ke internet, serta tetap aman dan masih bisa dilihat hingga bertahun-tahun ke depan.

Masih banyak orang yang belum benar-benar mengenal mengenai data center ini. Data center adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan berbagai komponen yang ada di dalamnya, salah satunya adalah penyimpanan data.

Lokasi data center  juga harus berada di tempat yang tepat dan tidak sembarangan. Hal ini karena data center  adalah tempat penyimpanan semua arsip penting. Karena alasan itulah, data center harus aman dari gangguan alam atau gangguan manusia sendiri, sebut saja peretas atau juga pengintai. Untuk itu, Anda harus memilih data center di indonesia yang tepat.

Ada beberapa hal tentang data center yang perlu Anda ketahui.

 

1. Terbagi menjadi dua kategori

Belum banyak yang mengetahui bahwa data center memiliki dua kategori. Sebutnya EDC (Enterprise Data Center) dan IDC (Internet Data Center). Apa bedanya? EDC hanya bisa digunakan oleh internal perusahaan sedangkan IDC bisa digunakan dan diakses oleh pengguna publik dengan menggunakan internet. IDC ini jugalah yang bisa mendukung berbagai aplikasi yang berhubungan dengan internet.

 

2. Berperan penting dalam aktivitas keuangan

Berbagai aktivitas keuangan seperti transfer uang diolah dan direkam oleh server di data center. E-commerce, sistem dalam mesin ATM dan masih banyak lagi juga diolah dan direkam oleh data center. Data center memegang peranan penting dalam setiap aktivitas di internet meski terkadang tak disadari betul oleh para pengguna. Anda bisa bayangkan jika data center yang menyimpan semua transaksi perbankan mati, maka akan sangat mengganggu aktivitas para nasabah.

 

3. Mengelola data center tidak mudah

Alat dan perangkat dalam data center bisa saja rusak atau terganggu, inilah alasan mengapa mengelola data center bukanlah hal yang mudah. Seperti misalnya, server harus ditempatkan pada ruangan yang dingin karena alat ini mengeluarkan suhu panas dan rentan rusak jika suhu ruangan terlalu panas. Namun, jika suhu ruangan terlalu lembab, maka server  bisa saja mengalami korsleting listrik bahkan terbakar. Maka, tak heran jika suhu ruangan data center perlu diperhatikan dengan baik.

 

Beberapa hal di atas menunjukan bahwa data center memiliki peran penting bagi aktivitas di internet. Meski terkadang tak disadari oleh penggunanya, namun data center menyimpan semua data dan percakapan banyak orang di internet. Pilih data center yang benar-benar memiliki kredibilitas yang baik agar semua data Anda aman dari berbagai gangguan.