Blog
Aug 28
Telkomsigma Indonesia Cloud Service

3 Kelebihan Ini Buktikan Pentingnya Cloud Server Bagi Perusahaan

Di era digital seperti sekarang, sistem cloud sangat dibutuhkan, mengingat sistem cloud adalah server pengelola data yang menggunakan internet. Sistem cloud ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data dan aplikasi para pengguna. Itulah mengapa sistem cloud ini sering disebut juga dengan cloud server.

Dengan adanya sistem cloud  ini, pengguna dapat menjalankan program tanpa menginstalnya terlebih dahulu dan dapat mengakses data pribadi mereka dengan akses internet. Sistem cloud  di era digital seperti sekarang sangat bermanfaat untuk mengelola data bagi sebuah lembaga atau perusahaan. Lalu, apa kelebihan sistem cloud bagi perusahaan?

 

1. Fleksibel

Sistem cloud memiliki nilai tambah yakni efektif dan efisien. Sebab, sistem cloud ini memungkinkan para karyawan untuk mengelola dan mengakses data di manapun dan kapanpun. Mereka hanya perlu terhubung di internet dan memiliki koneksi yang baik.

 

2. Data tersimpan secara terpusat

Para pengguna yang menggunakan sistem cloud ini dapat menyimpan data secara terpusat pada satu server. Di mana, server ini telah disediakan oleh penyedia layanan cloud tersebut. Dengan begitu, para pengguna tidak lagi direpotkan dengan penyediaan dan perawatan infrastruktur, seperti media penyimpanan hingga data center. Semua hal yang diperlukan telah disediakan oleh para penyedia jasa cloud tersebut.

 

3. Kapasitas ruang penyimpanan yang tinggi

Butuh ruang penyimpanan yang tinggi? Cloud server menyediakan ruang penyimpanan dengan skalabilitas tinggi. Para pengguna dapat dengan mudah menambah dan mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa membeli peralatan tambahan seperti harddisk. Hal ini karena semua data tersimpan dalam internet virtual yang sudah disediakan oleh penyedia cloud service dan layanan cloud tersebut.

 

Untuk mendapatkan tiga kelebihan ini, Anda harus memilih cloud service dengan kualitas terbaik. Ketahui terlebih dahulu di mana lokasi penyimpanan data tersebut,  serta fasilitas dan infrastruktur yang disediakan oleh penyedia jasa tersebut.

Anda juga harus memperhatikan kapasitas cloud yang Anda butuhkan, meski Anda dengan mudah mampu menambah atau mengurangi kapasitas. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari sistem kontrak cloud service yang akan  Anda gunakan. Pastikan juga setiap proses yang ada dapat Anda ketahui dengan baik.