Blog
Oct 12

Konsisten Dukung Industri Digital, Telkomsigma Raih Apresiasi CIA 2020

JAKARTA – Layanan data center Telkomsigma kembali dinobatkan dalam ajang Corporate Image Award (CIA) 2020. Telkomsigma dikategorikan sebagai perusahaan data center terbaik di Indonesia. Bukan tanpa alasan, meskipun di tengah situasi dinamika gejolak ekonomi serta terpaan pandemi COVID-19, Telkomsigma dinilai mampu bertindak cepat dalam merespon tingginya permintaan layanan data center seiring dengan tren industri digital yang kian berkembang.

 

Peraihan ini tentunya tak lepas dari upaya Telkomsigma yang konsisten mengelola semua data center-nya dengan mengacu pada standar internasional yang diterapkan secara best practice. Hingga saat ini, secara market share Telkomsigma mencapai lebih dari 40% untuk Layanan data center, selain itu Tekomsigma mengelola operasional 16 internet data center dan 3 enterprise data center yang tersebar di Indonesia.

 

Selain menyediakan layanan data center premium dengan berstandar Tier 4 Facility, CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi menjelaskan saat ini Telkomsigma juga menyediakan pilihan fasilitas data center berstandar Tier 3+. “Melalui data center berstandar Tier 3+ kami melengkapi pilihan data center yang lebih terjangkau tanpa mengurangi kualitas standar prosedur operasional“, ujar Mirmo.

 

Hadirnya berbagai pilihan data center yang menjadi penopang layanan virtual berbasis cloud dinilai tepat guna mengakomodir kebutuhan industri sektor digital secara lebih luas. Terlebih lagi, beragam sektor digital yang terus tumbuh selama pandemic COVID-19 sangat membutuhkan infrastruktur yang lebih fleksibel dan efisien.

 

Adopsi teknologi 4.0 seperti IoT, AI, dan AR, serta tingginya aktivitas virtual berbasis aplikasi atau Cloud (SaaS) di era new normal kian mendorong lonjakan trafik data yang berada di cloud dan tersentralisasi ke data center. “Telkomsigma berada di garis depan sebagai provider teknologi yang siap memenuhi kebutuhan data center secara cepat, aman dan handal”, papar Mirmo.

 

Upaya Telkomsigma dalam menjaga kontinuitas layanan data center memang patut diapresiasi. Selain menerapkan protokol pencegahan COVID-19 secara menyeluruh di seluruh lokasi data centernya, Telkomsigma juga mengadopsi artificial intelligence berupa deteksi gerak untuk sistem pencahayaan, dan juga dalam proses monitoring data center selama 24×7.

 

“Kami juga menyiapkan prosedur operasional spesifik melalui disaster recovery plan, business continuity drill, sistem cyber security, dan semua aspek yang dapat menjamin perlindungan data dengan data center Telkomsigma, pungkas Mirmo.

 

 

Tentang Telkomsigma

 

PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) merupakan perusahaan Integrated ICT (Information Communication & Technology) solutions di Indonesia. Sejak 1987, PT Sigma Cipta Caraka terus berupaya menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif berbasis ICT. Hingga saat ini, Bisnis portofolio Telkomsigma mencakup layanan : Data Center & Cloud, IT Services, dan Digital Services.

 

Sejak tahun  2010, Telkomsigma telah 100% menjadi anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) melalui holding PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra). Dengan visinya sebagai “The Preferred Digital Transformation Partner Telkomsigma siap menjadi mitra strategis dalam mendukung transformasi digital serta pertumbuhan skalabilitas bisnis pelanggan. Telkomsigma juga mendukung visi TELKOM sebagai penyedia layanan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services), khususnya bidang “Information dan Services” terdepan di Indonesia.

 

Sebagai bukti kredibilitas perusahaan yang konsisten menyediakan layanan ICT handal, Telkomsigma telah memperoleh berbagai penghargaan bergengsi bertaraf internasional, Penghargaan tersebut antara lain :

  • Frost & Sullivan Asia Pacific Best Practices Awards, 2020 Indonesia Cloud Infrastructure Services Provider of The Year
  • Innovative Company For Digitalizing SME and Startup through Cloud Services” dalam ajang Indonesia Digital Innovation Award (IDIA) 2020
  • International Innovation Awards 2019 dari Enterprise Asia, untuk kategori produk Telkomsigma yaitu AlphaBITS Next Generation
  • Data Center Services Provider of The Year, dalam Asia Pacific Best Practice Awards 2019 dari Frost & Sullivan
  • The Best  in  Building  and  Managing  Corporate  Image Awards oleh Frontier Consulting, sebagai Penyedia Data Center Terbaik di Indonesia berturut-turut sejak tahun 2015 hingga 2019
  • Perusahaan Penerima Sertifikat Uptime Institute Tier IV FACILITY pertama di Indonesia
  • Penerima Sertifikat Uptime Tier III OPERATION Pertama bagi penyedia Data Center di wilayah Asia Tenggara
  • Managed Service Provider of the Year 2017 dari Frost & Sullivan
  • Data Center Service Provider of The Year pada tahun 2015 & 2016 dari Frost & Sullivan
  • Telco Cloud Service Provider of the Year 2015 dari Frost & Sullivan