Blog
Dec 10
Apa Saja Langkah yang Harus Dilakukan Saat Ingin Bertransformasi Bisnis Menjadi Digital?

Apa Saja Langkah yang Harus Dilakukan Saat Ingin Mengubah Bisnis Menjadi Digital?

Seperti yang kita tahu seluruh perusahaan kini mengalihkan bisnisnya menjadi digital. Sayangnya tidak semua perusahaan siap untuk bertransformasi menjadi perusahaan digital. Apabila Anda salah dalam menerapkan strategi, maka kemungkinan besar perusahaan Anda akan gagal.

Menurut laporan Harvard Business Review, 84 persen CEO saat ini menganggap bahwa mereka harus bertransformasi secara digital, apabila tidak mengikuti tren digital maka bisnis mereka akan merugi dalam waktu 3 tahun. Namun sebagian besar lainnya tidak berencana untuk bertransformasi secara digital. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan para pebisnis mengenai betapa pentingnya transformasi digital untuk bisnis saat ini.

Alasan Mengapa Perusahaan Gagal Dalam Transformasi Digital?

Setidaknya ada tiga alasan mengapa perusahaan gagal dalam bertransformasi digital. Apa sajakah itu?

Pertama, mereka hanya mengoptimalkan operasi mereka. Mereka hanya memodernisasi aplikasi bisnis, pusat data, atau infrastruktur jaringan – dan kemudian berhenti. Mengoptimalkan operasi dan menciptakan efisiensi hanyalah salah satu pendorong inti untuk bertransformasi menjadi digital. Tidak hanya itu, pebisnis ini biasanya mereka tidak memikirkan pengalaman pelanggan, produk dan model bisnis mereka.

Kedua, mereka belum mengumpulkan data estate mereka yang artinya semua data dari seluruh organisasi  menjadi satu strategi data yang kohesif dengan tujuan yang jelas. Ini membuat mereka membuat keputusan dari data yang terfragmentasi dan dapat menyebabkan hasil yang menghancurkan.

Ketiga, penyesuaian diri akan perubahan. Hal terpenting bukanlah membangun budaya digital pada bisnis anda namun mengoperasionalkan akuntabilitas bersama tim untuk menyesuaikan diri dengan perubahan digital dalam waktu yang cepat.

Langkah Dalam Memulai Transformasi Digital?

Untuk menghindari kegagalan ini, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan, seperti:

Ciptakan budaya digital

Budaya adalah jantung setiap transformasi digital yang sukses. Di dunia yang sedang bertansformasi menjadi digital, budaya digital tidak dapat berkembang jika perusahaan Anda yang Anda operasikan tidak saling terhubung. Dengan teknologi yang berfungsi sebagai sebagai enabler, tempat kerja modern perlu menemukan keselarasan antara hierarki struktur organisasi tradisional dan fluiditas jaringan; seperti halnya bangunan modern yang perlu menemukan keselarasan antara memaksimalkan produktivitas karyawan dan kelestarian lingkungan.

Untuk mendorong perubahan dalam budaya digital, Anda harus mulai berpikir dengan cara “tanpa batas” di seluruh organisasi internal Anda. pastikan karyawan Anda benar-benar memahami perubahan yang terjadi dan melayani pelanggan mereka dengan maksimal.

Tetapkan Bagaimana Perusahaan Anda Akan Menjadi Digital

Setelah Anda mengidentifikasi tantangan utama untuk perusahaan Anda, Anda berada dalam posisi yang baik untuk mengevaluasi berbagai alternatif transformasi digital yang ada untuk Anda. Alternatif ini dapat berkisar dari transformasi front-end seperti produk dan pengalaman pelanggan hingga transformasi back-end seperti cloud dan infrastruktur TI.

Buat Strategi Untuk Mengatur Data yang Anda Miliki

Di dunia digital, Anda akan memiliki lebih banyak data dibandingkan sebelumnya. Hal ini tentunya membuat sebuah peluang dan tantangannya, seperti mengumpulkan, menganalisis, serta menggunakannya agar dapat berkontribusi pada pengambilan keputusan yang lebih baik.

Dalam mengolah data, strategi akhir Anda adalah sebuah rencana yang matang dan hasil yang jelas. Jika Anda tidak menyatukan data dengan cara yang benar, maka hal ini justru mengarahkan Anda kepada keputusan yang salah.

Mengolah data dengan benar memungkinkan Anda untuk berpikir secara berbeda dengan memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, dua alat yang paling efektif dalam mengidentifikasi koneksi, wawasan, dan tren yang belum jelas.

Siapkan Tenaga Kerja Anda Untuk Transformasi

Mengkomunikasikan rencana dan visi Anda untuk perusahaan dengan jelas sama pentingnya dengan menyusun strategi. Jika nilai transformasi digital tidak dikomunikasikan dengan baik kepada karyawan, perusahaan tidak dapat memperoleh dukungan intrinsik dari karyawannya. Memberi karyawan transparansi, struktur dan rencana yang jelas, dan pelatihan yang memadai untuk mempersiapkan mereka menghadapi transformasi digital.

Transformasi digital secara fundamental mengubah cara perusahaan membuat, memonetisasi, dan mempertahankan nilai, memberi perusahaan keunggulan kompetitif yang sangat dibutuhkan. Dan perusahaan yang belum menemukan cara untuk mengikuti transformasi digital perlahan-lahan diakuisisi atau dilikuidasi. Untuk itu, perlu kehati-hatian ketika Anda ingin bertransformasi menjadi digital.