Blog
Mar 11
data-center-telkomsigma-sentul

Bisnis data center Telkomsigma kinclong selama pandemi

JAKARTA (IndoTelko) -Peran data center sebagai digital enabler saat ini semakin esensial mengingat tatanan dan pola kerja digital masyarakat yang terbentuk selama pandemic COVID-19. Perubahan pola kerja tersebut nyatanya mendorong perusahaan dan bisnis semakin bertumpu pada sistem digital dan operasi layanan berbasis cloud guna menjaga kelangsungan bisnis.

Dengan meningkatnya workload dan trafik data yang dioperasikan melalui cloud, tentu juga akan berdampak pada peningkatan kebutuhan Data Center sebagai infrastruktur utama yang bertugas menopang lonjakan jumlah data yang dihasilkan, untuk selanjutnya disimpan dan diproses hingga menjadi value tertentu.

Trend peningkatan tersebut ternyata sejalan dengan Telkomsigma yang mencatatkan pertumbuhan market size Data Center-nya sebesar 17% hingga akhir 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan market Data Center kami menunjukkan bahwa pangsa pasar pada portfolio Data Center Services akan terus mengalami peningkatan di 2021 dan seterusnya, seiring dengan demand yang terus bertumbuh di tengah trend bisnis yang semakin digital oriented,” kata Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno.

Untuk menjawab permintaan Data Center yang diprediksi akan terus meningkat, Telkomsigma telah menyiapkan beragam opsi pilihan data center yang siap menampung kebutuhan pasar digital. Selain tersedianya 3 data center enterprise berstandar Tier III dan IV yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya, Telkomsigma juga mengoperasikan 16 internet data center di berbagai wilayah Indonesia yang dapat diperuntukkan bagi bisnis skala SME.

Melalui persebaran data center dengan spesifikasi yang beragam, Telkomsigma menawarkan fleksibiltas data center kepada lebih dari 300 pelanggannya yang berasal dari beragam skala dan sektor seperti startup, enterprise, SME, hingga institusi nasional untuk mewujudkan transformasi digital yang sesuai dengan karakteristik bisnisnya.

Dengan didukung network dan konektivitas global Telkom Indonesia serta prosedur pengelolaan data center yang mengacu pada standar internasional, Telkomsigma memastikan aspek keamanan dan operasi data centernya mampu berjalan maksimal di berbagai situasi dan kondisi.

Data center Telkomsigma juga telah mengadopsi artificial intelligence berupa sistem IoT sebagai alat deteksi gerak yang mampu meningkatkan efisiensi pencahayaan, serta membantu proses monitoring dari setiap komponen dan sistem data center selama 24×7.(ak)

Indotelko
10:12:55 | 11 Mar 2021
https://www.indotelko.com/read/1615432375/bisnis-data-telkomsigma