Blog
Jul 15

DiGiERP, Solusi Light ERP yang Bikin Pengelolaan Keuangan Bisnis UMKM Semakin Mudah

Istilah UMKM go digital saat ini tidak cukup hanya sebatas pada penggunaan platform penjualan online seperti marketplace, atau social media. Para pelaku bisnis UMKM dituntut untuk lebih adaptif dan cermat terhadap tren serta pola kerja yang semakin virtual agar dapat bertahan menghadapi tantangan bisnis.

Sistem kerja dan proses transaksi yang serba online, cashless, dan real-time yang menjadi pola kerja “go digital” saat ini, perlu dicermati oleh para pelaku bisnis sektor UMKM. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2020, dari 62 juta usaha UKM di Indonesia, baru sekitar 19% yang sudah mulai merambah go digital. Salah satu faktor yang menjadi hambatan adalah penggunaan platform teknologi yang dianggap ribet bagi sebagian orang, terlebih lagi jika menggunakan aplikasi berbasis IT.

Padahal, saat ini sudah terdapat platform teknologi berbasis IT yang ringkas dan mudah untuk digunakan oleh orang awam sekalipun. Berbagai kemudahan operasional dan proses bisnis pun mampu diperoleh hanya dengan menggunakan smartphone.

Telkomsigma menghadirkan solusi DiGiERP sebagai layanan Light ERP berbasis cloud yang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan industri ”Small and Medium Business”, atau Usaha Kecil Menengah (UKM). Layanan one stop solution ini mencakup kebutuhan minimum untuk menjalankan bisnis yang saat ini telah terbagi kedalam 3 modul DigiERP.

Ketiga modul DigiERP tersebut terdiri dari modul: Point of Sales (POS), Finance Accounting, dan Human Resource Information System (HRIS).

Pertama, Modul DigiERP Point of Sales (DigiPOS) merupakan solusi smart cashier yang mampu mengelola kebutuhan transaksi penjualan outlet melalui kasir dengan mencatat seluruh log transaksi aktivitas kasir yang terintegrasi baik online maupun offline.

“Pencatatan keuangan secara end-to-end menjadi hal penting yang perlu dilakukan secara teliti dan konsisten oleh para pelaku bisnis. Jika masih secara manual atau bahkan terpisah antara online & offline, pencatatan akan relatif lebih rumit dan memicu terjadinya human error yang berdampak pada kerugian bisnis”, dijelaskan Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno.

Dengan DigiPOS, pelaku usaha juga akan lebih mudah dalam menjalankan program promosi dan diskon harga untuk menarik minat pembeli melalui tersedianya fitur promo & discount adjustment. Fitur batal transaksi (void) untuk membatalkan transaksi juga tersedia dalam DiGiPOS.

Selain dapat diakses melalui web, fitur-fitur dalam DigiPOS dapat diakses menggunakan platform Android & iOS untuk menampilkan user interface yang simpel untuk digunakan sehari-hari.

Kemudian, DiGiERP juga dilengkapi dengan modul DiGiERP Finance Accounting yang dapat membantu pengelolaan laporan keuangan bisnis secara real-time melalui fungsi penulisan jurnal yang otomatis terbentuk di setiap transaksi.

DigiERP Finance mampu menyediakan standar laporan keuangan mulai dari neraca keuangan, arus kas, laba, dan rugi yang ditampilkan melalui dashboard grafik yang fleksibel dan informatif. Dengan begitu, pelaku bisnis yang menggunakan DiGiERP Finance akan semakin mudah membaca dan memahami laporan keuangan setiap saat, sekaligus meningkatkan akurasi dalam pengambilan keputusan bisnis secara cepat.

Untuk melengkapi kedua line-up modul di atas, DiGiERP juga memiliki modul yang lebih advance yaitu DiGiERP Human Resources Information System (HRIS). Sebagai gambaran, DiGiERP HRIS memiliki kapabilitas pengelolaan database seluruh karyawan dari sebuah perusahaan. DiGiERP HRIS juga secara sistem mampu mengelola upah bulanan karyawan, perhitungan THR, slip gaji, Laporan Pph21, BPJS TK dan Kesehatan, serta mendukung fungsi absensi harian.

“DigiERP merupakan entry point teknologi bagi para pelaku bisnis SMB maupun UMKM dalam mengadopsi aplikasi berbasis IT yang digunakan untuk mendukung para pelaku usaha dalam mengoperasikan proses bisnis melalui layanan light ERP”, pungkas Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno.

Bagi para pebisnis muda, saat ini layanan DiGiERP dapat dinikmati melalui skema free trial yang bisa diakses melalui website digierp.id. Kamu tidak perlu khawatir kesulitan saat mengakses free trial karena selain tampilan aplikasi yang bersifat user friendly, terdapat chatbot dan juga buku panduan (user manual) yang siap membantu kamu menikmati free trial melalui website digierp.id.