Blog
Des 24
apa itu sistem erp dan manfaatnya untuk perusahaan

Apa Itu Sistem ERP, dan Apa Manfaatnya untuk Perusahaan?

Meskipun dulu lebih sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, namun kini sistem ERP cukup populer dan mulai banyak diadopsi oleh kalangan usaha kecil maupun menengah. Sistem ERP perusahaan sendiri adalah rangkaian aplikasi yang dibangun untuk mengelola dan mengintegrasikan kegiatan bisnis dengan cara merampingkan dan mengotomatisasi seluruh prosesnya, sehingga dapat menciptakan operasi yang lebih efektif, efisien, dan akurat.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu sistem ERP dan apa saja manfaat erp untuk perusahaan Anda, berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Sistem ERP?

ERP, atau singkatan dari Enterprise Resource Planning, adalah perangkat lunak manajemen proses bisnis yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan aktivitas bisnis sehari-hari, seperti keuangan, pengadaan, produksi, proyek, sumber daya manusia, dan aktivitas lainnya. Sistem ini memberikan informasi secara real-time dan akurat, sehingga dapat membantu para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang dihasilkan. Selain itu, ERP juga mampu menghilangkan data duplikat dan menyediakan integritas data yang lebih baik dengan mengumpulkan data transaksional bersama perusahaan dari berbagai sumber.

Pada awalnya, sistem ERP perusahaan dibuat hanya untuk kepentingan industri manufaktur saja. Namun seiring berjalannya waktu, kini software tersebut telah dikembangkan dan merambah ke berbagai sektor lainnya seperti layanan dan jasa, pendidikan, retail dan grosir, real estate, makanan dan minuman, kesehatan, bahkan hingga pemerintahan.

Apa Manfaat Sistem ERP Untuk Perusahaan?

Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan sistem ERP untuk perusahaan.

  1. Mengoptimalkan Efisiensi: Menyederhanakan berbagai proses bisnis tanpa memakan banyak waktu dan tenaga. Semua tugas yang dilakukan berulang-ulang seperti melacak inventaris, memberikan tugas kepada karyawan, memantau jam kerja, mendistribusikan gaji, dan membuat laporan keuangan bisa dilakukan secara otomatis.
  2. Memberikan Akses yang Cepat: Data-data lapangan yang diperlukan dapat dihasilkan secara real-time dan akurat, sehingga para manajer dan pemangku kepentingan di perusahaan dapat memantau indikator kinerja utama di seluruh perusahaan kapan saja dan di mana saja.
  3. Meningkatkan Kolaborasi Tim: Meruntuhkan hambatan antar departemen, karena semua data yang disimpan bersifat terpusat dan konsisten. Hal ini memungkinkan setiap departemen agar dapat berkolaborasi meski berada di lokasi yang berbeda.
  4. Mengurangi Biaya Operasional: Karena sebagian besar kegiatan operasional dilakukan secara otomatis, berbagai gangguan dan penundaan dapat diantisipasi dengan baik. Semua pekerjaan yang kompleks dapat diselesaikan lebih cepat, sehingga mengurangi lead time. Perusahaan juga dapat mengurangi jumlah tenaga kerja karena solusi ERP bisa mengambil alih berbagai tugas sehari-hari.
  5. Meningkatkan Keamanan Data: ERP memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk mencegah pelanggaran data. Manajer SDM dapat menyembunyikan beberapa data penting hanya untuk pemangku yang berkepentingan sambil memberikan akses terbatas kepada karyawan lainnya.
  6. Membuat Prakiraan yang Akurat: ERP dapat memfasilitasi laporan yang dibuat secara real-time, lengkap, dan konsisten karena menggunakan alat analitik canggih yang dapat menyaring inkonsistensi dalam data. Hal ini membantu mempermudah pemangku kepentingan dalam membuat keputusan terbaik untuk bisnis.

Tahukah Anda, menurut data statistik terbaru, sebanyak 81% perusahaan sudah berhasil atau sedang bertransformasi dalam proses penerapan ERP. Tentu mereka tidak akan pernah mempertimbangkan untuk mengimplementasikan sistem ini jika tidak memiliki keuntungan untuk bisnis, bukan?