Informasi

Tetap up to date dengan inisiatif strategis perusahaan terbaru dan pencapaian Telkomsigma

BERITA

Cloud Native, Solusi Inovatif Untuk Mendukung Industri Perbankan

23 November 2021 - oleh Admin

Sama seperti banyak industri lainnya, seiring kemajuan teknologi di era modern seperti sekarang ini, industri perbankan pun harus dapat beradaptasi dan mulai bertransformasi menggunakan platform digital berbasis cloud, yaitu cloud native. Nah, secara definisi sendiri cloud native merupakan arsitektur pengembangan software yang memanfaatkan teknologi cloud computing untuk peningkatan fleksibilitas, skalabilitas, kapasitas, dan fungsionalitas.

 

Cloud native mencakup berbagai alat dan teknik yang digunakan oleh pengembang perangkat lunak dengan tujuan utama untuk meningkatkan agilitas dan produktivitas yang memungkinkan percepatan inovasi, mempertahankan ketahanan dan skalabilitas yang terus berkelanjutan, serta mengoptimalkan efisiensi biaya infrastruktur dan sumber daya manusia.

 

Untuk sektor perbankan sendiri, penerapan cloud native memiliki karakteristik utama yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja bisnis, khususnya dalam hal pengembangan aplikasi digital. Berikut beberapa di antaranya.

 

1. Multitenancy yang Aman

 

Aplikasi dapat dikonfigurasikan sehingga meski nasabah berbagi platform yang sama, namun pemisah antara data dan akun pengguna tetap dapat dipertahankan. Artinya, setiap nasabah tidak dapat melihat data atau informasi pribadi siapa pun selain milik mereka sendiri dengan menggunakan izin kontrol akses.

 

2. Menawarkan Elastisitas

 

Aplikasi harus memiliki elastisitas khususnya saat lalu lintas, permintaan, atau penggunaan sedang meningkat. Artinya aplikasi dapat melakukan penskalaan dengan cara menambahkan lebih banyak sumber daya komputasi atau mesin virtual tambahan untuk menangani peningkatan beban kerja. Dalam hal ini, aplikasi cloud native dirancang untuk bisa melakukan penyesuaian secara otomatis saat mendeteksi utilitas yang tinggi sehingga mampu melihat langkah-langkah yang diperlukan.

 

3. Ketahanan yang Tinggi

 

Ketahanan yang tinggi mengacu pada kemampuan aplikasi untuk bertahan dan tetap online saat munculnya kegagalan infrastruktur. Hal ini dikarenakan cloud native memiliki beberapa teknik yang dapat memungkinkan untuk mencoba melakukan kembali transaksi yang gagal ketika terjadinya gangguan.

 

4. Tersedia Sistem Autentikasi

 

Dengan tersedianya sistem manajemen identitas yang terkendali, aplikasi dapat mengautentikasi login pengguna sehingga server bisa memeriksa untuk melihat apakah informasi pengguna cocok dengan informasi yang ada di dalam database. Tujuan dari sistem autentikasi pada aplikasi adalah untuk menjamin proses permintaan atau transaksi yang aman dan terkendali.

 

5. Akses Universal

 

Aplikasi harus dapat diakses kapan saja dan di mana saja ketika akses ke jaringan internet tersedia. Selain itu, aplikasi juga harus kompatibel dengan semua metode akses, mulai dari akses berbasis web, akses dengan Virtual Private Network, hingga akses dari berbagai macam perangkat yang berbeda.

 

Cloud native bisa menjadi solusi yang baik untuk bisnis perbankan guna memperluas skala dan meluncurkan layanan perbankan digital. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana hampir semua aktivitas dan kebutuhan pasar beralih ke platform online, tentu keberadaan cloud native akan membantu para nasabah untuk tetap dapat melakukan layanan dan transaksi perbankan secara mudah melalui aplikasi.

Kontak Kami

Kami siap menyediakan kebutuhan Anda dengan cara yang sederhana

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui saluran media sosial kami di bawah ini

www.telkomsigma.co.id
Kantor Pusat
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGASI
PRODUK & LAYANAN
LAINNYA