Informasi

Tetap up to date dengan inisiatif strategis perusahaan terbaru dan pencapaian Telkomsigma

BERITA

Platform dan Aplikasi, Kenali Perbedaan Serta Fungsinya

28 December 2021 - oleh Admin

Akhir-akhir ini, banyak sekali orang yang sering salah mengartikan platform sebagai aplikasi. Keduanya memang merupakan bagian dari software, kendati demikian platform dan aplikasi adalah dua hal yang sebenarnya berbeda jauh.

 

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa software atau perangkat lunak dibangun secara berlapis. Nah, lapisan-lapisan ini terdiri dari rangkaian program, prosedur, dan rutinitas yang berguna untuk menjalankan sistem pengoperasian komputer. Platform dan aplikasi merupakan bagian dari lapisan software, sehingga agar dapat dipakai oleh manusia untuk beragam keperluan keduanya memiliki fungsi yang berkesinambungan.

 

Untuk mengenali perbedaan antara keduanya lebih jauh, berikut penjelasan mengenai apa itu platform dan aplikasi.

 

Apa Itu Platform?

 

Dalam ilmu komputasi, secara umum platform adalah infrastruktur yang bertindak sebagai struktur dasar di mana aplikasi dan teknologi dikembangkan atau dijalankan untuk memungkinkan operasi bisnis yang lebih efektif dan efisien. Biasanya platform juga mendukung banyak bahasa pemrograman, mesin, dan layanan web dan juga direpresentasikan sebagai kerangka kerja.

 

Baca Juga: Apa Itu Digital Company, dan Apa Saja Layanan yang Ditawarkannya?

 

Apa Itu Aplikasi?

 

Tujuan utama platform dibuat adalah agar para pengembang dapat menciptakan aplikasi yang digunakan oleh banyak orang melalui sebuah perangkat. Jadi, bisa dibilang bahwa aplikasi merupakan fasilitas yang berfungsi untuk menjalankan berbagai macam layanan yang disediakan oleh suatu platform. Layanan ini bentuknya bisa bervariasi, mulai dari aplikasi e-commerce yang menawarkan layanan belanja online, aplikasi fotografi yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto, aplikasi game yang menyediakan hiburan, dan masih banyak lagi.

 

Nah, dalam praktiknya sendiri, karena biasanya satu platform memiliki bahasa pemrograman yang berbeda dengan platform lainnya, hal ini membuat aplikasi yang dikembangkan secara khusus untuk platform tertentu tidak akan bisa digunakan oleh platform lainnya.

 

Baca Juga: Solusi Cloud Brokerage, Jadikan Adopsi Cloud Lebih Mudah dan Optimal

 

Apa Peran Platform dan Aplikasi Dalam Mendukung Bisnis?

 

Jika menyangkutpautkannya dengan bisnis, tentu platform dan aplikasi telah memberikan banyak sekali manfaat, terutama di era digital seperti sekarang ini, di mana orang-orang sudah memiliki ketergantungan pada perangkat mereka. Dengan menggabungkan teknologi hardware dan software, platform membantu mengembangkan layanan atau produk yang ditawarkan oleh sebuah bisnis agar dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik melalui aplikasi yang di-hosting di dalamnya.

 

Kesimpulannya, platform dan aplikasi adalah bagian dari software yang bekerja secara berkesinambungan. Platform sebagian infrastruktur yang memungkinkan aplikasi untuk dijalankan dalam sebuah perangkat, sementara aplikasi adalah fasilitas yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan untuk mendukung kebutuhan penggunanya agar bisa memanfaatkan layanan atau produk yang mereka tawarkan.

Kontak Kami

Kami siap menyediakan kebutuhan Anda dengan cara yang sederhana

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui saluran media sosial kami di bawah ini

www.telkomsigma.co.id
Kantor Pusat
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGASI
PRODUK & LAYANAN
LAINNYA