Informasi

Tetap up to date dengan inisiatif strategis perusahaan terbaru dan pencapaian Telkomsigma

BERITA

Sering Terdengar Namun Jarang Diketahui, Apa Itu Big Data Analytic & Services

28 September 2022 - oleh Admin

Di kalangan penggiat IT atau pun Anda sebagai orang mungkin pernah mendengar istilah Big Data Analytic. Meski tidak asing, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa yang dimaksud big data analytic, apa kegunaan dan keuntungannya. Big data analytic adalah istilah yang dipakai untuk menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar dan kompleks sehingga menjadikannya rumit untuk diproses atau ditangani jika hanya menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data manual.

 

Big data services bukanlah sekedar kemampuan teknis untuk mengolah data, melainkan manfaat yang dapat disadari oleh perusahaan dengan menggunakan big data analytics. Terminologi big data berasal dari perusahaan pencarian web yang mengolah data yang sangat besar. Big data services menjamin pemrosesan solusi data dengan varian baru maupun yang sudah ada untuk memberikan manfaat lebih. Namun ukuran dan kompleksitas besar, big data tetap hanya solusi teknologi yang dikaitkan dengan bisnis.

 

Apa Itu Big Data Analytic, Big Data Service dan Bagaimana Sejarahnya?

 

Salah satu penjelasan yang paling mudah dipahami mengenai big data analytic adalah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang lebih baik. Big data services sendiri adalah sebuah konsep tentang kemampuan perusahaan big data untuk menganalisa, mengumpulkan, dan mengerti jumlah data yang cukup besar setiap harinya. Big data merupakan kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks, terutama dari sumber data baru. Meskipun data ini tidak bisa ditangani secara tradisional, namun data ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya tidak dapat ditangani.

 

Di era industri 4.0 seperti sekarang, big data services menjadi sangat penting bagi perusahaan besar. Big data mereka gunakan untuk terus menerus menganalisa untuk kemudian menawarkan layanan yang lebih baik dan mengembangkan fitur-fitur baru yang sesuai kebutuhan mereka. Terobosan teknologi dewasa ini, secara drastis mengurangi biaya penyimpanan data. Saat ini menyimpan data menjadi lebih mudah, lebih murah dan juga menyimpan lebih banyak dan juga lebih mudah di akses dari daripada data sebelumnya.

 

Big Data Analytic

 

Big data analytic ini tidak hanya untuk membantu memahami informasi yang ada di dalam data tersebut, namun bisa juga digunakan untuk membantu mengidentifikasi data yang paling penting untuk menghasilkan keputusan bisnis saat ini maupun untuk masa yang akan datang. Big data analytic ini pada dasarnya memang untuk menghasilkan sebuah pengetahuan baru dari hasil analisis data.

 

Big Data Service

 

Big data service merupakan layanan yang diberikan oleh perusahaan big data untuk membantu Anda dalam merencanakan maupun mendesain sebuah solusi big data yang tepat dan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Dengan big data service yang Telkomsigma sediakan berharap dapat membantu setiap perusahaan untuk memaksimalkan nilai data dan dapat mencapai tujuan bisnis dengan big data analytic.

 

Sejarah Awal Mula Big Data

 

Mengenal sejarah awal mula big data ini ada, pada tahun 2005, banyak orang mulai menyadari bahwa ada banyak data yang dihasilkan oleh pengguna berbagai platform yang dihasilkan secara online. Lalu sebuah open-source software untuk mengumpulkan dan menganalisa data yang dikembangkan ditahun yang sama. Pengembangan software open-source untuk data seperti hadoop memiliki peran penting dalam pertumbuhan big data karena mereka bisa membuat data besar lebih mudah digunakan dan penyimpanannya lebih murah, dan semakin tahun semakin meningkat volumenya.

 

Big Data Dalam Lingkup Keseharian Kita

 

Meskipun yang menggunakan big data adalah perusahaan besar, namun sebenarnya big data sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Seperti halnya dalam penggunaan internet. Data dari hasil pencarian kita yang disimpan oleh google masuk ke dalam big data. Anda pengguna smartphone juga masuk ke dalam big data, sebab catatan telpon, sms, aplikasi dan berbagai macam aktivitas anda di smartphone juga disimpan oleh big data.

 

Sosial media tidak luput dari penggunaan big data karena setiap update-an atau pencarian kita di sosial media juga terekam. Seperti twitter yang setiap harinya menyimpan lebih dari 400 juta tweets. Digitalisasi media juga masuk ke dalam big data, contohnya aplikasi streaming seperti netflix dan juga spotify. Dan yang terakhir adalah perangkat pintar seperti peralatan elektronik kita yang ada di rumah. Baik tv, kulkas, hingga kendaraan pribadi kita yang sudah menggunakan teknologi tinggi tidak luput dari penggunaan big data sehingga disebut perangkat pintar karena bisa memudahkan kita dalam penggunaannya.

 

Perusahaan Big Data Indonesia

 

Telkomsigma menjadi salah satu perusahaan big data di Indonesia yang menyediakan layanan big data analytic dan big data service untuk mendukung berbagai perusahaan yang membutuhkan layanan big data sehingga data yang mereka kumpulkan dan gunakan dapat terkontrol dengan baik. Perusahaan big data di Indonesia memang sangat dibutuhkan saat ini mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih memaksakan kita harus mengikutinya.

 

Berbagai perusahaan di Indonesia tengah mengembangkan dan mengarahkan berbagai layanan umum ke dunia digitalisasi ini berarti kedepannya perusahaan big data akan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang ada di seluruh Indonesia guna untuk mendukung dan meningkatkan layanan mereka hingga sesuai dengan target masing-masing bisnis mereka.

 

Telkomsigma sebagai perusahaan big data tentu akan siap melayani Anda sepenuh hati dan memberikan layanan yang berkualitas sehingga kebutuhan big data disetiap sektor bisnis dapat terpenuhi yang akan berakibat pada pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia.

Kontak Kami

Kami siap menyediakan kebutuhan Anda dengan cara yang sederhana

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui saluran media sosial kami di bawah ini

www.telkomsigma.co.id
Kantor Pusat
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGASI
PRODUK & LAYANAN
LAINNYA