Blog
Dec 24
Keuntungan Menggunakan Jasa MSP (Managed Service Provider)

Keuntungan Menggunakan Jasa MSP (Managed Service Provider)

Jika Anda sedang bingung dan mencari informasi mengenai MSP (Managed Service Provider) maka Anda datang ke artikel yang tepat. Apakah Anda tahu bahwa menggunakan jasa MSP (Managed Service Provider) dapat menjembatani permasalahan antar departemen TI? Tak hanya itu, dengan menggunakan MSP Anda dapat mengelola permintaan teknologi bisnis yang tinggi dengan stabil dan efisien.

Namun, sebelum kita membicarakan mengenai MSP lebih jauh, tak ada salahnya kita cari tahu dahulu apa itu MSP dan manfaat yang ditawarkan oleh jasa tersebut.

Baca Juga : Serba-Serbi Data Center dan Perannya Dalam Digitalisasi Sektor Bisnis

Apa itu MSP (Managed Service Provider)?

Managed Service Provider (MSP) adalah perusahaan yang mengelola bisnis khususnya di bidang TI dari jarak jauh. MSP biasanya ditawarkan dengan model berlangganan tahunan. Sebagai MSP, Custard Technical Service akan menggantikan posisi profesional TI di kantor Anda.

Dengan melakukan outsourcing ke MSP yang berpengalaman seperti Custard, Anda akan dapat fokus pada tuntutan bisnis Anda tanpa pusing dan biaya terkait masalah dan kesalahan sistem.

Tapi itu bukan satu-satunya keuntungan dari layanan TI yang dikelola. Ada banyak manfaat lain yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan jasa MSP ini. Apa sajakah itu?

Menurunkan Biaya Tenaga Kerja

Dari perspektif biaya, salah satu manfaat yang jelas dari MSP adalah menurunkan biaya tenaga kerja dan menghilangkan biaya perekrutan dan pelatihan staf TI baru. Bayangkan saja, untuk satu karyawan Anda perlu mengeluarkan banyak biaya seperti gaji, tunjangan, bonus, kenaikan gaji, BPJS dan sebagainya. Sedangkan dengan menggunakan MSP, bisnis Anda bisa mendapatkan profesional TI dengan keterampilan yang sangatlah canggih dan menarik.

Selain itu, Anda juga akan menandatangani perjanjian tingkat layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda sehingga tidak perlu khawatir tentang biaya layanan yang tidak terduga. Ini akan memungkinkan organisasi Anda untuk beralih dari model pengeluaran modal ke model biaya operasi.

Tips untuk Anda, carilah MSP yang menyediakan solusi TI seperti cloud sehingga Anda bisa menghemat biaya lebih tinggi dan menggunakannya untuk kebutuhan bisnis lainnya.

Siap Siaga 24/7

Dengan MSP, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai masalah yang akan terjadi karena sebagian besar MSP menawarkan fleksibilitas 24/7 on-call bahkan akhir pekan (meskipun penting untuk dicatat bahwa ini sering ditawarkan sebagai opsi berbayar). Saat mencari MSP yang baik, percayakan pada perusahaan global yang dapat mendukung banyak zona waktu dan menawarkan dukungan sepanjang waktu, sehingga Anda dapat yakin bahwa bantuan tersedia kapan pun Anda membutuhkannya.

Infrastruktur TI yang Lebih Teratur

Bayangkan jika Anda tidak menggunakan MSP maka Anda perlu melakukan konfigurasi ke seluruh aplikasi untuk organisasi atau bisnis anda secara mandiri. Kegiatan ini memerlukan waktu berbulan-bulan untuk mengembangkan kode dari awal hingga pengaplikasiannya. Namun, dengan MSP Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut karena seluruh TI Profesional yang bekerja di dalamnya sudah berpengalaman dan memiliki memiliki pustaka kode seperti itu yang siap. Hanya sedikit penyesuaian yang dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan individu klien. Ini berarti MSP dapat menerapkan solusi lebih cepat sehingga menghemat banyak waktu dan uang untuk bisnis Anda.

Anda bisa Lebih Fokus Pada Bisnis

Dengan masalah infrastruktur TI yang ditangani oleh para ahli, Anda dapat fokus untuk menjalankan bisnis. Namun perlu dicatat bahwa Anda perlu mempertimbangkan MSP yang memiliki reputasi dan kompetensi yang baik untuk memastikan bahwa infrastruktur TI Anda berada di tangan yang tepat. Dengan cara ini Anda dapat dapat lebih fokus pada pertumbuhan dan stabilitas bisnis.

Seperti yang kita tahu teknologi dan globalisasi terus mendorong dinamika strategi bisnis sehingga penting bagi Anda untuk menjadi lebih pintar dengan karyawan yang berkompetisi agar mampu menjembatani kesenjangan keterampilan serta mendorong pertumbuhan dan inovasi. Pada tingkat paling dasar, MSP membantu organisasi dalam merampingkan dan mengelola seluruh program kerja dengan meningkatkan efisiensi, mengendalikan biaya, dan mengurangi denda, penalti, dan kerusakan reputasi yang tidak dapat dimaafkan terkait dengan risiko kepatuhan.