Blog
Jun 01

Telkomsigma Terima Uptime Facility Certification Pertama di Indonesia

Jakarta- PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) menerima sertifikasi data center tier III dari Uptime Institute untuk kategori Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF).

Sertifikasi itu ditujukan untuk data center Telkomsigma yang berada di Graha Telkomsigma, Serpong, Tangerang. Data center tersebut memiliki kapasitas 23 ribu meter persegi, yang mana saat ini baru 6-7 ribu meter persegi yang dioperasikan penuh oleh Telkomsigma.

Diterimanya sertifikasi tersebut, turut menambah deretan sertifikasi data yang sudah diraih Telkomsigma, seperti Tier III Design dari Uptime yang di Serpong dan Sentul, sertifikat Tier IV Design dari Uptime juga untuk data center yang berada di Jatinegara, Jakarta.

Kemudian, sertifikat International Greenship and Occupational Health and Safety Management System (OHSAS) untuk data center di Serpong. Kemudian sertifikat BSi CSA STAR Certified untuk Cloud Security Management.

“Dengan diperolehnya Certification of Construction Facilities dari Uptime Institute, semakin membuktikan layanan Data Center TelkomSigma sudah sesuai dengan Standar Data Center berkelas internasional,” kata CEO Telkomsigma, Judi Achmadi disela acara executive roundtable di Jakarta, Rabu (1/6).

Uptime Institute sendiri adalah organisasi yang memberikan sertifikasi dengan sistem tier-ing. Dimana standar yang ditetapkan oleh Uptime ini menjadi standar bagi pelaku bisnis data center di seluruh dunia.

Lembaga ini yang pertama mendefinisikan konsep Data Center Tier, sebagai acuan badan standarisasi lain seperti Telecommunications Industry Association. Uptime membagi sertifikasi Data Center tersebut menjadi 3 tahapan yaitu Tier Certification of Design Documents (TCDD), Tier Certification of Construction Facilities (TCCF), dan Tier Certification of Operational Sustainability (TCOS).

Telkomsigma telah mendapatkan TCCD untuk 3 data center tier III yang dimiliki saat ini dan untuk TCCF, Telkomsigma menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang telah berhasil mendapatkan sertifikasi dari Uptime ini. Sedangkan untuk TCOS, sampai dengan berita ini diturunkan belum ada perusahaan penyedia layanan Data Center yang berhasil mendapatkan sertifikasi dari Uptime.

Perbedaan Tier III Construction Facility dan Tier III for Design Document antara lain, Tier III Design Certification merupakan sertifikasi untuk konsep design suatu Data Center. Adapun Tier III Construction Facility Certificationmerupakan sertifikasi yang didapat dari hasil uji coba facility sesuai dengan design Tier III yang telah disetujui sebelumnya, dimana facility tersebut memang telah Lulus.

Keberhasilan Telkomsigma juga dicatat rekor MURI sebagai perusahaan penyedia data center Indonesia pertama penerima sertifikat Uptime III Construction Facility.

“Desain ruang Data Center juga menjadi bagian rekomendasi yang memperkuat opini auditor Uptime dalam menetapkan Telkomsigma sebagai penerima TCCF. Design dan fasilitas merupakan dua hal yang harusnya dipertimbangkan oleh pengguna dalam menjaga keamanan datanya,” kata Director of Business Development South Asia Uptime Institute , Patrick Chan.

Seperti diketahui, Telkomsigma telah menangani lebih dari 300 klien dari berbagai industri dengan sebagian besar dari pengguna ini berasal dari industri perbankan dan finansial yang sangat peduli dengan keamanan data.

Telkomsigma telah memiliki data center diantaranya di Surabaya yang luasnya 5.500 meter persegi, data center di Sentul dengan luas area 8.000 meter persegi serta data center di Serpong yang memiliki area 23.000 meter persegi.

“3 data center milik Telkomsigma telah disertifikasi secara desain oleh Uptime dan kami juga melengkapi seluruh data center dengan fasilitas yang sesuai dengan data center tier 3+ dan 4. Investasi untuk set up fasilitas data center didukung Telkom Indonesia sebagai induk usaha,” katanya. (mam)

Sumber: BERITASATU

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 20 =