Blog
Sep 20

Telkomsigma Dukung Digitalisasikan Bank dengan Core Banking System alphaBITS Next-G

Jakarta — Dalam menghadapi perkembangan di era distrupsi digital seperti sekarang ini, industri perbankan di Indonesia memiliki berbagai tantangan yang begitu kompleks. Melihat dari pasar yang semakin kompetitif, regulasi pemerintah yang selalu mengalami perubahan, resiko dalam investasi bisnis, hingga sebuah tantangan bagaimana meningkatkan efektivitas kinerja dan produktivitas perusahaan melalui penggunaan solusi IT yang tepat agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.

Dari segi pemanfaatan IT, industri perbankan tentunya membutuhkan layanan  sistem core banking yang memiliki kualifikasi terbaik sesuai dengan kebutuhan bagi masing-masing perbankan. Dan juga, yang tidak kalah penting tentunya mereka harus mengadopsi sistem yang sejalan dengan regulasi perbankan di Indonesia, baik dari OJK maupun Bank Indonesia.

Direktur Data Center & Managed Services Telkomsigma, bapak Andreuw Th.Af memaparkan bahwa, “Sebagai upaya dalam mendukung akselerasi pertumbuhan bisnis perbankan di Indonesia berbasis digital, Telkomsigma terus berusaha memberikan solusi dan layanan IT terbaik dengan menghadirkan sistem core banking  AlphaBITS Next-G yang dapat memenuhi kebutuhan digitalisasi industri perbankan”.

Sistem Core banking AlphaBITS Next-G merupakan karya anak bangsa, yang memiliki berbagai keunggulan yang dapat digunakan oleh industri perbankan Indonesia, antaralain standard interface untuk meningkatkan kemampuan integrasi dengan berbagai aplikasi maupun platform yang sudah menerapkan interface modern. Tersedianya layanan Always-On 24×7 sehingga nasabah dapat melakukan transaksi melalui device, perangkat elektronik nasabah maupun perangkat yang disediakan oleh bank. Sehingga mendukung industri perbankan dalam memberikan layanan dan akses kepada nasabah secara non-stop.

Dengan kemampuan integrasi ini, AlphaBITS Next-G dapat mendukung program pemerintah seperti finansial inklusif, dan memungkinkan akselerasi pelaksanaan program bantuan sosial yang ingin diimplementasikan oleh bank. Selain itu, AlphaBITS generasi terbaru ini juga memungkinkan bank untuk melakukan inovasi produk digital banking antaralain mobile payment, simple on boarding customer, instant loan, ewallet agar dapat bersaing dengan perusahaan financial technology kelas dunia.

Andreuw Th.Af menambahkan bahwa, “AlphaBITS Next-G siap untuk bersaing dengan sistem core banking serupa dengan tingkat kualitas layanan yang berstandar internasional, dan dapat diandalkan serta digunakan oleh perbankan Indonesia maupun Internasional”.

Di sisi lain, untuk menunjang dinamika aktivitas bisnis dari nasabah perbankan yang terus menerus selama 24 jam dimanapun dan kapanpun, AlphaBITS Next-G memiliki kemampuan untuk memberikan efisiensi mobilitas bagi karyawan bank dalam melayani nasabah secara mobile, baik dalam bentuk agent banking, mobile banker maupun sales force.

AlphaBITS Next-G telah dilengkapi dengan kemampuan dan keamanan aplikasi yang memadai. Dengan kemampuan multi processing yang dimiliki, menjadikan waktu pelaksanaan proses akhir hari dapat dikurangi hingga 30%. Hal ini dapat mengurangi resiko keterlambatan ketersediaan laporan awal hari untuk bank dan menjaga kualitas layanan nasabah dalam bertransaksi melalui AlphaBITS Next-G.

Tentang  Telkomsigma

PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma adalah perusahaan Integrated ICT (Information Communication & Technology) Solutions di Indonesia. Sejak berdiri pada 1987, telkomsigma terus berupaya menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif berbasis ICT. Bisnis portofolio telkomsigma mencakup layanan Managed Services, Software for Business Solutions, dan System Integrator. Dengan jumlah dan loyalitas klien yang terus meningkat dari tahun ke tahun, telkomsigma siap menjadi mitra strategis dalam mendukung pertumbuhan bisnis klien.

Sejak tahun  2010, Telkomsigma resmi menjadi 100% anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Telkomsigma siap mendukung visi TELKOM sebagai penyedia layanan TIME (Telecommunication, Information, Media, dan Edutainment), khususnya bidang “Information” terdepan di Indonesia.

Tahun 2016, telkomsigma memperoleh dua sertikasi dari Uptime Institute, salah satunya merupakan sertifikasi data center tier III untuk kategori Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) pertama di Indonesia. Telkomsigma juga telah menjadi perusahaan penyedia data center yang menerima sertifikat Uptime Tier III for Design Document terbanyak di indonesia. Kedua sertikat TCCF ini semakin menambah keunggulan kompetitif yang ditawarkan oleh Telkomsigma bagi industri. Berbagai proses sertifikasi dan audit ketat dilakukan oleh tim handal dari kedua belah pihak dan berakhir dengan hasil yang sangat baik. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan industri kepada Telkomsigma sebagai penyelenggara layanan Data Center yang handal.

Achievement Telkomsigma 2016

Sepanjang tahun 2016, Telkomsigma juga telah meraih berbagai penghargaan, sebagai bukti keunggulan perusahaan dalam memberikan layanan ICT terintegrasi. Penghargaan tersebut antar lain adalah :

  • Dua Uptime Facility Certification pertama di Indonesia dan menerima Sertifikat Uptime Tier III for Design Document terbanyak dan mendapatkan rekor Muri
  • The Best  in  Building  and  Managing  Corporate  Image  Kategori Penyedia Data Center di Indonesia
  • Data Center Service Provider of The Year dan Telco Big Data Service Provider of the Year dari Frost & Sullivan
  • Top IT Solutions Provider di Indonesia dengan kategori TOP Data Center Services, TOP Cloud Application Provider, TOP Big Data Solutions dan TOP Manage services 2016
  • CEO Telkomsigma Raih Penghargaan Satyalencana Pembangunan dari President RI dalam bidang Inovasi Digital.

Achievement Telkomsigma 2017

Pada awal Juni 2017, Telkomsigma juga berhasil mendapat penghargaan  :

  • Mendapat penghargaan The Stevie Awards dalam kategori Innovation in Technology Development > Services Industries dan Innovation in B2B Services

Dalam mendukung operasional bisnisnya Telkomsigma juga telah memperoleh sertifikat dari berbagai badan sertifikasi internasional sebagai berikut :

 

1. Uptime Design TIER III untuk DC Sentul, Serpong & Surabaya serta TIER IV design untuk Data Center Telkom Jatinegara yang juga dikelola oleh Telkomsigma
2. Sertifikat international Greenship & Occupational Health & Safety Management System  (OHSAS) untuk Gedung Data Center
3. Sertifikasi CSA STAR sebagai sertifikat untuk Cloud Security  dari British Standard

Institution (BSI)Group, terkait cloud computing security

4. ISO 20K dari BSI untuk ITMS (IT Manage Service) yang pertama di Indonesia.

 

Website http://www.telkomsigma.co.id/

Twitter  https://twitter.com/telkomsigma

Facebook https://www.facebook.com/telkomsigma/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =