Blog
May 06

Mengenal Dunia Perbankan dengan Berbagai Software-nya, Supaya Semakin Tenang Jika Menyimpan Uang

Jika ditelisik lebih jauh, hampir sebagian besar kita saat ini menyimpan uang di bank, lembaga intermediasi keuangan yang memiliki otoritas untuk menyimpan dan memutar uang hingga memberikan pinjaman kepada nasabahnya. Namun, pernakah anda berpikir bagaimana bisa sebuah bank mengurus data dan uang semua nasabahnya tanpa tertukar ataupun mengalami kerugian? Apa yang membuat kita yakin bahwa uang kita tidak akan tertukar apalagi hilang. Selain ada lembaga hukum yang menjaga keamanan uang kita, ada software yang digunakan oleh bank untuk mengatur keuangan kita agar tidak tertukar apalagi hilang.

Pengertian sistem aplikasi perbankan adalah penggunaan komputer dan alat pendukungnya dalam melakukan operasional perbankan. Operasional ini biasanya meliputi pencatatan, penghitungan, peringkasan, penggolongan, dan pelaporan semua kegiatan di bidang perbankan. Kegiatan operasional itu bisa meliputi akuntansi, manajemen, pemasaran dan administrasi dan segala kegiatan yang mendukung kegiatan perbankan. Meskipun belum ada aplikasi bank di Indonesia yang masuk ke dalam kategori fully integrated, namun aplikasi yang hampir lengkap di perbankan adalah pengelolaan dana masyarakat.

Beberapa Pertimbangan Bank Dalam Memilih  Software yang Digunakan

Bank memiliki beberapa pertimbangan sendiri untuk memilih software yang digunakan, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan bank, pertimbangannya di antaranya fleksibilitas yang dapat menyesuaikan kebutuhan bank yang selalu berubah-ubah meskipun informasi dasarnya tetap sama. Software yang fleksibilitasnya tinggi dapat digunakan oleh dua bank yang kapasitasnya sama tetapi sistem dan prosedurnya berbeda.

Pertimbangan lainnya adalah kemampuan dokumentasi atau penyimpanan data yang banyak. Tidak hanya itu, segi keamanannya juga menjadi pertimbangan khusus dalam memilih software. Semakin banyak nasabahnya semakin besar pula memori yang dibutuhan untuk menampung data, serta kecepatannya dalam mengilah data. Pertimbangan lainnya adalah kemudahan dalam pengoperasian data. Seperti tahap input dan outputm prosesnya sebisa mungkin mudah dioperasikan oleh petugas yang bertanggung jawab. Sehingga jika terjadi suatu masalah, dapat segera dibereskan dan meminimalisir kesalahan dalam pengoperasian.

Dalam penyajian laporan bank juga membutuhkan laporan yang lengkap dan jelas terutama pada saat proses pemeriksaan, sehingga sistem pelaporan yang baik masuk menjadi salah satu pertimbangan bank dalam memilih software. Serta kemudahan dalam aspek pemeliharaan agar tidak banyak kesalahan yang dibuat saat software sedang beroperasi atau saat perawatan.

Jenis Software yang Disediakan Bank Untuk Kemudahan Para Nasabah

Setelah tadi membahas tentang beberapa pertimbangan yang dilakukan oleh bank, sekarang mari membahas software apa saja yang disediakan oleh bank dan bisa anda gunakan dikehidupan sehari-sehari. Software ini dibuat tidak hanya memudahkan anda dalam melakukan kegiatan perbankan, tetapi juga dilakukan untuk mempermudah bank dalam mendata tanpa harus menurunkan kualitas pelayanan.

Beberapa aplikasi yang sering anda buka atau anda pakai beberapa antara lain e-banking, internet banking, mobile banking, sms banking, phone banking. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Anda bisa melihat dan menyesuaikan kebutuhan dengan aplikasi yang anda pakai. Biasanya semakin mudah aplikasinya dijangkau semakin banyak pula menarik nasabah untuk melakukan transaksi di bank tersebut.