Blog
Jun 26

Sudah Tau Pentingnya Data Center? Simak Penjelasan Lengkapnya

Penggunaan internet belakangan ini memang cukup pesat. Hampir semua orang menggunakan internet setiap hari, mulai dari berkirim email, komunikasi melalui smartphone, transaksi perbankan hingga media sosial. Internet menjadi hal penting untuk setiap aspek kehidupan semua orang.

Namun, tahukah Anda bahwa ada badan yang mengelola aktivitas virtual sehingga semua informasi bahkan percakapan yang Anda lakukan di internet tersimpan dengan aman? Bahkan ketika Anda ingin melihatnya di beberapa tahun ke depan.

Pusat data atau lebih dikenal dengan data center adalah lokasi yang aman untuk hosting web server. Inilah yang dirancang untuk menjamin bahwa server dan data yang ada di lokasi tersebut terlindungi dari pelanggaran keamanan bahkan risiko kehilangan. Masih bingung seberapa penting data center? Simak di sini.

 

1. Lebih efisien

Data center memiliki kelebihan, yakni efisiensi waktu dan anggaran. Untuk pemilik bisnis yang bergerak di bidang finansial atau e-financial, kemudahan bertransasi dapat diterapkan jika perusahaan menggunakan fasilitas data center.

 

2. Keamanan yang terjamin

Soal keamanan di data center tentu tak diragukan lagi. Data center biasanya mampu menyediakan standar yang baik untuk penyimpanan, baik dari lokasi hingga cara menjaga data tersebut. Tak heran jika keamanan menjadi salah satu fitur penting yang dicari oleh pengguna data center. Semua akses fisik yang terjadi di data center dikontrol sepenuhnya. Identitas dikonfirmasi melalui biometrik. Bahkan hampir semua aktivitasnya adalah video-login.

 

3. Sumber daya listrik yang minim gangguan

Selain keamanan, data center juga memiliki sistem sumber daya listrik yang memadai. Mayoritas data center menggunakan baterry bank bahkan generator diesel untuk memastikan bahwa tdiak ada gangguan pada sumber daya listrik yang ada.

 

4. Bandwidth

Semakin berkembangnya bisnis online, banyak pemilik bisnis yang membutuhkan bandwidth yang besar. Adanya keharusan untuk resgistrasi produk, pemasaran berbasis website, iklan video, konferensi audio dan lain sebagainya membutuhkan aplikasi bandwidth yang lengkap. Data center dilengkapi dengan kebutuhan bandwidth yang cukup baik.

 

Meski dibutuhkan oleh banyak orang, ada baiknya untuk memilih data center yang benar-benar profesional dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Data center yang Anda pilih harus bisa mencakup setidaknya empat hal di atas agar mampu memberikan layanan yang maksimal.