Blog
Aug 28

Empat Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Data Center

Jika Anda memiliki sebuah website, maka memiliki server sendiri pada sebuah data center harus dilakukan, terutama jika website Anda sudah cukup besar dan memiliki traffic yang tinggi. Tidak heran jika penyedia data center di indonesia mulai dicari oleh banyak orang, terutama para pemilik website.

Bagi website yang masih baru dan memiliki traffic yang tidak terlalu tinggi, mungkin lebih memilih untuk menggunakan server hosting shared karena penyimpanan data yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Namun, jika website Anda sudah cukup besar dan membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih tinggi, maka data center bisa menjadi pilihan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih data center, apa saja?

 

1. Security

Penyedia data center yang baik harus memiliki kemampuan untuk mengamankan data yang disimpan dengan sangat baik. Seperti yang diketahui bahwa pusat data menyimpan banyak data dan aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau penggunanya. Karena alasan inilah, keamanan dari data center perlu diperhatikan. Data center harus memiliki aspek keamanan yang sangat kuat baik dari segi fisik maupun non-fisiknya.

 

2. Flexibility dan scalability

Perkembangan dunia bisnis berlangsung dengan sangat cepat, untuk itu diperlukan sebuah data center yang mampu disesuaikan dengan perkembangan bisnis. Artinya, data center yang baik harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Sebagai contoh, jika ada service baru yang harus disediakan oleh data center, penyedia harus mampu menyesuaikannya tanpa harus mengubah data center secara keseluruhan. Perubahan ini juga harus dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama sehingga tidak berdampak buruk bagi para pengguna.

 

3. Availability

Sebuah layanan data center harus bisa menyediakan sebuah sistem operasional yang berkelanutan bagi pengguna. Sistem operasional ini harus ada dalam keadaan apapun baik dalam situasi normal maupun situasi darurat seperti bencana. Hal ini agar pengguna tidak merasa dirugikan dan tetap dapat memperoleh keuntungan meski terjadi suatu kerusakan yang berarti.

 

4. Standarisadi organisasi internasional

Tingkat keandalan data center juga ditentukan dari sertifikasi apa yang dimiliki. Berdasarkan Data Center Knowledge, ada 3 organisasi besar pembuat standarisasi dan sertifikasi pada industri Data Center, yaitu Uptime Institute’s Tier Standard, ANSI/BICSI 002-2014 dan ANSI/TIA 942-A 2014.

 

Empat hal tersebut bisa menjadi acuan bagi Anda dalam memilih penyedia data center yang tepat untuk bisnis atau perysahaan Anda. Pahami juga kebutuhan Anda agar dapat memilih data center yang benar-benar tepat. Terakhir, temukan penyedia data center terbaik yang dapat menawarkan fasilitas dan pelayanan terbaik untuk Anda.