Blog
Aug 28

Pahami Tiga Keuntungan Menggunakan VPS

Pernah dengar VPS atai Virtual Private Server? Bagi Anda yang mengerti dunia hosting dan website, istilah ini mungkin sudah sering Anda dengar. VPS sendiri adalah sebuah server fisik yang terbagi menjadi beberapa bagian virtual server dan masing-masing server bisa diinstall OS sendiri nantinya. Jika masih belum terlalu paham, VPS ini menyerupai shared hosting hanya saja memiliki resource yang cukup besar.

Kalau masih bingung apakah ada  virtual private server indonesia? Jawabannya jelas ada. Anda hanya perlu mencari service yang menyediakan VPS dengan kualitas yang baik. VPS yang berkualitas biasanya memiliki spesifikasi yang baik, seperti RAM, IP Public, CPU dan lain sebagainya. Selua spesifikasi tersebut haruslah bisa dimodifikasi sendiri sesuai kebutuhan. Lalu, apa keuntungan dari menggunakan VPS ini?

 

1. Performa website menjadi lebih prima

Performa website yang lebih prima akan mempengaruhi jumlah pengunjung di website tersebut. Jika shared hosting yang Anda gunakan belum memenuhi kebutuhan situs Anda, maka VPS bisa menjadi pilihan. Pilihlah layanan hosting dengan resource yang lebih besar. VPS menjadi solusi yang lebih fleksibel daripada meggunakan dedicated hosting yang jelas lebih mahal.

 

2. Memiliki custom resource yang lebih fleksibel

Jika Anda memiliki jumlah pengunjung yang naik signifikan, maka website Anda bisa saja mengalami masalah ata down. Hal ini terjadi karena Anda menggunakan kapasitas resource yang tidak sesuai atau terlalu kecil. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah menggunakan VPS DevOps di mana Anda akan lebih mudah untuk mengubah sejumlah resource yang tersedia seperti RAM, CPU dan lain sebagainya. Masih bingung bagaimana cara sistem ini bekerja? Bayangkan jika pengunjung website Anda terlalu banyak dan menjadi lamban, tentu Anda membutuhkan RAM yang lebih besar. Dengan VPS DevOps Anda bisa mengubah kapasitas RAM yang dimiliki.

 

3. Bisa menginstall software tambahan

VPS bisa membantu Anda untuk menginstall software tambahan di website atau aplikasi yang dimiliki. Tidak semua software mendukung layanan tersebut. Jika sudah begini, VPS bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang mencari kemudahan untuk menginstall berbagai software tanpa kesulitan.

 

VPS memang memberikan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para penggunanya. VPS memudahan Anda untuk memilih prosesor yang digunakan, hard disk yang tersedia sesuai kebutuhan serta RAM yang bisa Anda sesuaikan. Anda hanya perlu memilih layanan VPS yang tepat untuk mendapatkan VPS yang sesuai kebutuhan.