Blog
Mar 03

Dukung Digitalisasi Distribusi di Industri Farmasi dan Kesehatan, Telkomsigma siapkan Layanan “Track and Trace”

Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan data Kemenkes terhadap status masyarakat Indonesia yang terkonfirmasi positif masih terbilang tinggi, hal ini berdampak juga pada kapasitas hunian rumah sakit dan kebutuhan ICU di masa pandemi yang semakin sulit.

Terlebih lagi, tuntutan pandemi ini memaksa jalur pendistribusian alat kesehatan ataupun obat-obatan menjadi hal krusial mengingat diperlukannya proses kerja yang serba cepat dan akurat.

Pemerintah tentu mencanangkan program-program melalui sinergi berbagai lembaga baik kementerian Kesehatan dan BUMN, untuk dapat melakukan percepatan distribusi tersebut dan terintegrasi melalui implementasi teknologi 4.0 guna mendukung optimalisasi di industri kesehatan.

Namun juga di tengah tuntutan gerak cepat pada proses distribusi, pemerintah juga mementingkan adanya transparansi, akurasi, dan kecepatan informasi yang menjadikan para pemangku kepentingan memiliki kemampuan untuk memantau progress distribusi secara real-time.

Menjawab atas kebutuhan solusi atas tuntutan tersebut, Telkomsigma berupaya memberikan kontribusi melalui inovasi teknologi yang mampu mengantisipasi potensi terjadinya praktik fraud dan pemalsuan obat-obatan saat proses distribusi yang dilakukan dari hulu ke hilir. Track & Trace menjadi salah satu solusi layanan dan produk berbasis aplikasi yang menjadi salah satu unggulan kami pada industri farmasi dan kesehatan.

Track & Trace sebagai platform digital yang mampu menjaga mutu dan keaslian produk farmasi melalui proses authentication, dimana melalui pemberian kode barcode kepada masing-masing satuan produk serta memiliki kode tertentu yang berbeda-beda, sehingga dalam proses distribusi proses authentication dengan scanning barcode 2D data matrix produk tersebut tetap terjaga keasliannya.

Adapun pencantuman kode barcode dan authentication ini dapat dilakukan pada produk obat jenis botol, strip, blister, tube, hingga ampoule.

Track & trace juga memiliki kemampuan untuk melakukan tracing status distribusi secara real-time yang ditampilkan melalui dashboard virtual baik itu yang berbasis web dan mobile apps. Sehingga manajemen dari suatu perusahaan dapat langsung melihat perkembangan proses pendistribusian produknya.