Information

Stay up to date with the latest corporate strategic initiatives and achievement of Telkomsigma 

NEWS

Mengenal Tentang IT Managed Operation Service dan Keuntungannya Bagi Perusahaan

29 September 2022 - by Admin

IT managed operation service adalah jasa pengelolaan operasi IT yang disediakan oleh perusahaan pihak ketiga, yang biasanya bergerak di bidang layanan teknologi informasi bisnis. Jasa ini bertujuan untuk mengalihkan tugas-tugas umum terkait pengelolaan IT bisnis kepada perusahaan profesional yang sudah berpengalaman untuk mengurangi biaya, meningkatkan kualitas layanan, dan mendorong staff internal agar dapat fokus pada pekerjaan lain yang lebih penting. Perusahaan yang menyediakan jasa IT managed operation seringkali disebut sebagai MSP atau Managed Service Provider.

 

Baca terus penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai IT managed operation dan keuntungannya untuk perusahaan Anda.

 

Apa Itu IT Managed Operation Service?

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, IT managed operation service adalah layanan pengelolaan operasi IT, di mana seluruh atau sebagian tanggung jawab manajemen sistem sehari-hari terkait infrastruktur IT diserahkan kepada perusahaan penyedia jasa IT managed operation, yaitu MSP. Tanggung jawab ini termasuk pengelolaan aset teknologi seperti pusat data, konektivitas atau jaringan, managed security service, dan dalam beberapa kasus juga mencakup pengalihan kepemilikan teknologi atau aset personal dengan vendor luar.

 

Berbagai macam tugas yang dipikul oleh MSP adalah menyediakan serangkaian layanan teknologi bisnis kepada kliennya. Layanan ini meliputi operasi atau dukungan sistem, administrasi, kemanan, pemantauan kinerja, pemecahan masalah teknis, manajemen konfigurasi, manajemen perbaikan sistem, dan banyak lagi. Sebagai gantinya, klien hanya perlu membayar biaya berlangganan bulanan untuk mendapatkan seluruh keuntungan dari layanan tersebut.

 

Apa Saja Keuntungan Menggunakan IT Managed Operation Service?

 

Menggunakan layanan IT managed operation memilki banyak sekali keuntungan, baik itu bagi perusahan berskala besar, menengah, maupun kecil. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Mengatasi kurangnya staff berpengalaman: Menggunakan jasa IT managed operation yang ditawarkan MSP merupakan solusi terbaik bagi bisnis yang tidak memiliki waktu, keterampilan, atau pengelaman internal dalam mengelola operasi IT. Dengan mengandalkan perusahaan pihak ketiga yang sudah berpengalaman, bisnis Anda dapat fokus pada hal-hal lain yang jauh lebih penting dari pada terjebak dalam tugas-tugas harian manajemen infrastruktur IT.
  2. Menghemat biaya operasional IT: Alih-alih membangun operasi IT in-house yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal, dengan menyewa jasa IT managed operation Anda dapat menghemat biaya operasional secara signifikan. Ini dikarenakan tarif langganan bulanan yang dikenakan oleh pihak MSP umumnya jauh lebih murah dan dapat diprediksi, sehingga mempermudah Anda untuk melakukan penganggaran biaya.
  3. Memastikan pengelolaan yang andal: Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah pemadaman listrik atau kegagalan sistem, karena MSP dapat menawarkan pengelolaan operasi IT yang andal dengan memastikanan layanan tersedia setiap saat. Bagaimanapun, mereka memiliki standar yang sudah ditetapkan untuk membantu Anda menjaga kelangsungan bisnis, bahkan dalam situasi darurat sekalipun.
  4. Menawarkan managed security service: Managed security service atau layanan keamanan IT yang terkelola memungkinkan data dan aplikasi Anda di-hosting di lingkungan server virtual, yang sudah menggunakan standar keamanan dan kontrol internasional. Bahkan jika terjadi bencana alam seperti banjir atau kebakaran, data Anda akan tetap aman dan terkontrol karena disimpan di fasilitas MSP.

 

IT managed operation service memberikan banyak sekali keuntungan bagi bisnis Anda, termasuk menghemat biaya operasional, mempermudah pengelolaan anggaran, layanan dan dukungan IT 24 jam, serta mengurangi beban internal yang harus ditanggung staff IT Anda. Pada akhirnya, dengan mengalihkan tanggung jawab Anda kepada MSP, ini membantu Anda untuk lebih mudah berkembang dan fokus pada inovasi bisnis karena seluruh tugas harian dan tanggung jawab operasi IT sudah dikelola oleh ahlinya.

Contact Us

Let's Get Connected. Explore What We Can Do for You.

For more inquiries, please contact us through our social media channels below.

www.telkomsigma.co.id
Head Office
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGATION
PRODUCT & SERVICES
OTHERS