Information

Stay up to date with the latest corporate strategic initiatives and achievement of Telkomsigma 

NEWS

Apa Itu Elastic Cloud, dan Apa Sajakah Keunggulannya?

23 December 2021 - by Admin

Elastic cloud memberikan banyak kemudahan dengan menawarkan berbagai fleksibilitas luar biasa dalam pengoptimalan sumber daya pada sistem komputasi, penyimpanan, infrastruktur, dan masih banyak lagi. Fleksibilitas inilah yang dapat membantu banyak perusahaan untuk mencapai kelincahan, skalabilitas, dan penghematan biaya yang diperlukan guna meningkatkan daya saing serta mendukung transformasi digital.

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai apa itu cloud computing dan apa sajakah berbagai macam keunggulannya dalam mendukung kebutuhan bisnis Anda.

 

Apa Itu Elastic Cloud?

 

Elastic cloud adalah kemampuan yang dimiliki cloud computing untuk meningkatkan atau menurunkan sumber daya dengan mudah sesuai kebutuhan Anda. Dalam hal ini, pihak ketiga sebagai penyedia cloud akan memberikan Anda wewenang untuk memanfaatkan fitur daya komputasi yang lebih fleksibel kapan pun Anda membutuhkannya.

 

Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah untuk mengelola dan menskalakan penggunaan sumber daya seperti halnya ruang penyimpanan, infrastruktur, memori, dan lain sebagainya berdasarkan beban kerja yang dibutuhkan saja. Tentunya hal ini menawarkan kesempatan bagi Anda untuk melakukan penghematan pengeluaran, karena perusahaan hanya perlu membayar sesuai besar atau kecilnya sumber daya yang digunakan.

 

Apa Sajakah Keunggulan Elastic Cloud?

 

Karena bersifat dinamis dan dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan penggunanya, tentu elastic cloud menawarkan lebih banyak keunggulan. Berikut beberapa di antaranya.

 

  1. Kemahiran biaya: Dengan memanfaatkan elastic cloud, perusahaan hanya perlu membayar biaya sesuai dengan sumber daya komputasi, jaringan, dan penyimpanan yang digunakan saja. Ini juga membantu mengurangi biaya overhead yang tidak diperlukan.
  2. Akomodasi dan aksesibilitas nonstop: Sama seperti fungsi utama menggunakan cloud computing, yaitu mempermudah akses ke arsip dan catatan penting untuk meninjau kinerja karyawan atau mengambil keputusan.
  3. Fleksibilitas yang lebih baik: Perusahaan tidak perlu repot-repot mencadangkan banyak sumber daya yang belum tentu digunakan. Bahkan jika membutuhkannya di kemudian hari, elastic cloud dapat ditingkatkan kapan saja ketika dibutuhkan.
  4. Pencadangan yang terjamin: Baik itu proses pencadangan dan pemulihan informasi lebih terjamin karena seluruh data disimpan di cloud, bukan di perangkat fisik. Hal ini meminimalisir terjadinya kerusakan atau kehilangan data-data penting.
  5. Kapasitas yang dapat diperluas: Dibanding dengan PC, elastic cloud dapat menyesuaikan dan menyimpan lebih banyak informasi secara signifikan karena menawarkan kapasitas yang praktis tanpa batas.

 

Bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis telah banyak mendapatkan keuntungan yang besar dari penggunaan cloud computing. Terlebih lagi, fitur elastic cloud yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sumber daya perusahaan Anda juga menawarkan lebih banyak keunggulan, terutama dalam penghematan biaya serta meningkatkan kinerja operasional yang lebih berkualitas.

Contact Us

Let's Get Connected. Explore What We Can Do for You.

For more inquiries, please contact us through our social media channels below.

www.telkomsigma.co.id
Head Office
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGATION
PRODUCT & SERVICES
OTHERS