Information

Stay up to date with the latest corporate strategic initiatives and achievement of Telkomsigma 

NEWS

5 Keuntungan Menggunakan Sistem ERP Bagi Perusahaan

21 January 2022 - by Admin

Baik itu bisnis berskala besar maupun kecil, ada banyak sekali manfaat yang bisa perusahaan Anda dapatkan dengan menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Sistem ini merupakan rangkaian aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memusatkan informasi database perusahaan, mengotomatisasi tugas-tugas rutin, dan menyederhanakan proses bisnis guna mengoptimalkan operasi dan meningkatkan efisiensi. Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menjadi solusi bagi hampir setiap aspek bisnis, mulai dari akutansi, CRM (Customer Relationship Management), manufaktur, manajemen inventaris, analisis, hingga masih banyak lagi.

 

Beberapa Keuntungan Menggunakan Sistem ERP Bagi Perusahaan Anda

 

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan menggunakan sistem ERP (Enterprice Resource Planning) bagi perusahaan Anda.

 

1. Penghematan Waktu dan Tenaga

 

Jika Anda menggunakannya dengan benar, sistem ERP terintegrasi bisa menjadi investasi berharga yang dapat membantu Anda untuk menghemat banyak waktu dan tenaga. Alih-alih harus memasukkan data secara manual setiap kali dibutuhkan, program ini memungkinkan Anda untuk memasukkannya sekali dan membagi informasi tersebut ke departemen lainnya secara real time.

 

Selain itu, Anda juga dapat merampingkan tugas-tugas yang merepotkan seperti penyusunan laporan, alokasi faktur, penggajian karyawan, dan lain sebagainya. Ini membantu menghemat waktu sehingga Anda bisa mengalihkan fokus ke prioritas lain yang lebih penting.

 

2. Keandalan Data dan Visibilitas Tinggi

 

Sistem ERP terintegrasi memberikan akses total ke setiap proses penting dalam bisnis Anda dengan membuat data dari setiap departemen mudah dipantau secara akurat. Selain itu dengan tersedianya informasi perusahaan di lokasi terpusat, ini memungkinkan peningkatan kolaborasi dan penyelesaian tugas yang lebih efisien. Visibilitas lengkap ini juga membantu Anda lebih mudah membuat keputusan secara cepat saat diperlukan.

 

3. Perencanaan yang Lebih Baik

 

Menerapkan rangkaian sistem ERP terintegrasi di seluruh departemen berarti menjadikan bisnis Anda memiliki satu sistem informasi terpusat untuk setiap proses. Fungsionalitas ini membantu Anda mendapatkan hasil laporan dan analitis yang berharga kapan saja dibutuhkan guna mempermudah perencanaan bisnis dengan mengidentifikasi kekuatan operasional dan area masalah yang perlu ditingkatkan.

 

4. Skalabilitas yang Fleksibel

 

Untuk memastikan kesuksesan bisnis yang berkelanjutan, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem yang dapat mengakomodasi pertumbuhan perusahaan secara efisien. Baik itu untuk memasuki pasar baru, memperluas basis pelanggan, mengembangkan bisnis, atau meluncurkan produk dan departemen baru, Anda bisa menambahkan seluruh fungsionalitas tersebut ke sistem ERP terintegrasi kapan pun Anda membutuhkannya.

 

5. Jaminan Keamanan Data

 

Inti dari sistem ERP terintegrasi adalah sebagai pusat data yang terpadu, karenanya sistem ini dirancang dengan lapisan keamanan ekstra dan memungkinkan pencadangan terpusat untuk berbagai data penting yang sensitif. Selain itu, untuk memastikan jaminan keamanan data perusahaan, Anda juga memiliki kontrol untuk menentukan siapa saja yang dapat melihat dan mengedit informasi dan siapa saja yang tidak.

 

Itu dia beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Karena mampu menyederhanakan beragam proses bisnis dan meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang, tidak mengherankan jika banyak perusahaan menjadikan sistem ini sebagai investasi waktu dan sumber daya yang berharga.

Contact Us

Let's Get Connected. Explore What We Can Do for You.

For more inquiries, please contact us through our social media channels below.

www.telkomsigma.co.id
Head Office
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGATION
PRODUCT & SERVICES
OTHERS