Information

Stay up to date with the latest corporate strategic initiatives and achievement of Telkomsigma 

NEWS

Solusi Cloud Brokerage, Jadikan Adopsi Cloud Lebih Mudah dan Optimal

07 January 2022 - by Admin

Bagi sebuah organisasi bisnis atau perusahaan yang telah mengadopsi layanan digital berbasis cloud, kebutuhan akan layanan pengelolaan cloud secara professional dan kredibel untuk memudahkan pelanggan dalam mengoperasikan solusi cloud semakin jelas dirasakan.

 

Adanya kebutuhan tersebut tentu didasari oleh berbagai alasan. Selain terkait efisiensi yang menjadi poin utama bagi perusahaan, para IT Leader juga mempertimbangkan aspek fleksibilitas dalam penggunaan layanan cloud melalui solusi yang efektif dan sesuai dengan requirement dari masing-masing perusahaan.

 

Untuk mencapai kinerja yang optimal, perusahaan perlu didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat di setiap unit kerja yang ada. Termasuk dalam menentukan platform teknologi berbasis cloud.

 

Saat ini, tersedianya layanan cloud brokerage menjadi solusi bagi perusahaan dalam mengadopsi layanan cloud dengan cara yang mudah dan efisien. Namun sebetulnya, apa yang dimaksud dengan cloud brokerage?

 

Pada dasarnya, cloud service brokerage (CSB) merupakan sub-layanan dari mitra layanan cloud yang menghubungkan dan mengelola kebutuhan antara klien dan penyedia layanan cloud.

 

Jadi, cloud brokerage akan berperan aktif sebagai entitas yang mengatur penggunaan cloud, performansi, dan juga delivery layanan cloud serta menghubungkan antara penyedia cloud dengan pelanggan.

 

Secara umum, layanan cloud brokerage dapat tersedia melalui tiga kategori, yaitu:

 

1. Service Intermediation

 

Di sini cloud brokerage akan memberikan kapabilitas layanan cloud tambahan kepada pelanggan. Seperti halnya dengan melakukan pengelolaan akses ke layanan cloud, identity management, performance reporting, hingga security improvement.

 

2. Service Aggregation

 

Dengan aggregation, cloud brokerage menggabung dan mengintegrasi beberapa layanan ke dalam satu atau beberapa layanan baru. Integrasi data juga dilakukan cloud brokerage sekaligus memastikan pergerakan data yang aman antara pelanggan dengan beberapa penyedia cloud.

 

3. Service Arbitrage

 

Melalui layanan arbitrage, cloud brokerage berperan untuk menyeleksi dan menentukan layanan cloud dari beberapa provider. Nantinya, klien akan mengadopsi layanan cloud yang dinilai paling sesuai dan relevan dengan requirement atas dasar rekomendasi cloud brokerage.

 

Saat ini, cloud brokerage semakin diperlukan melihat benefit yang dihasilkan terhadap bisnis. Pengguna cloud brokerage akan lebih mudah mengadopsi cloud tanpa perlu terbebani dari segi pengelolaan operasi yang kompleks, koordinasi day-to-day dengan provider, hingga adanya kapabilitas tambahan dari segi keamanan, dan juga analytic & reporting yang dihasilkan.

 

Melalui FLOU Cloud, Telkomsigma menawarkan layanan cloud brokerage yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan akan layanan cloud agar lebih optimal sekaligus efisien. Temukan future cloud technology melalui www.floucloud.id

Contact Us

Let's Get Connected. Explore What We Can Do for You.

For more inquiries, please contact us through our social media channels below.

www.telkomsigma.co.id
Head Office
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGATION
PRODUCT & SERVICES
OTHERS