Information

Stay up to date with the latest corporate strategic initiatives and achievement of Telkomsigma 

NEWS

Perkembangan Transformasi Digital di Indonesia

30 November 2022 - by Admin

Demi mengatasi kesulitan yang ditimbulkan oleh pandemi global kemarin, organisasi di seluruh sektor publik dan swasta telah mempercepat transformasi digital mereka. Bahkan, pada tahun 2021 saja, penetrasi internet di Indonesia telah mencapai sekitar 70%. Ini artinya negara kita telah siap memulai perjalanan menuju digital society, di mana interaksi antara manusia dan teknologi digital dapat membuat kehidupan yang lebih baik. Selain itu, transformasi digital juga memungkinkan banyak bisnis untuk sepenuhnya merevolusi cara mereka bekerja. Selain membuat proses operasional jadi lebih hemat biaya, transformasi digital juga membuka banyak peluang baru yang dapat meningkatkan keuntungan secara signifikan.

 

Pengertian Transformasi Digital

 

Karena transformasi digital memiliki bentuk dan implementasi yang berbeda-beda untuk setiap bisnis, sulit untuk menentukan definisi yang paling tepat untuk menggambarkan seluruhnya. Namun secara umum, transformasi digital bisa diartikan sebagai integrasi teknologi digital ke dalam semua area bisnis yang menghasilkan perubahan mendasar pada cara mereka beroperasi dan memberikan nilai kepada pelanggan.

 

Cloud merupakan salah satu teknologi digital yang keberadaannya dengan cepat menjadi titik balik bagi banyak perusahaan di Indonesia untuk menggerakkan operasi internal mereka dengan cara yang lebih modern. Teknologi cloud sendiri mengacu pada perangkat lunak yang dapat diakses melalui internet kapan saja dan dari perangkat apa saja. Selanjutnya, teknologi digital lainnya yang tak kalah penting adalah IoT atau Internet of Things. Teknologi ini menghadirkan berbagai macam inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya, seperti kota pintar, rumah pintar, mobil pintar, dan banyak lagi.

 

Selain itu, berbicara tentang teknologi digital tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan big data dan kemampuan analitik modernnya. Big data adalah sekumpulan data dan informasi berukuran besar yang sangat kompleks. Teknologi big data dapat digunakan untuk menganalisis data-data penting agar bisa dikembangkan menjadi fitur-fitur bermanfaat atau layanan baru yang lebih baik bagi operasional bisnis.

 

Peran Perusahaan Digital Tech IT Service

 

Tidak bisa dipungkiri, perjalanan Indonesia ke era digital menjadi mungkin berkat adanya perusahaan digital tech IT service. Mereka adalah perusahaan profesional yang menawarkan berbagai macam solusi digital yang terintegrasi untuk membantu banyak bisnis dan organisasi berkembang dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

 

Selain itu, seiring dengan semakin matangnya transformasi digital di Indonesia, risiko ancaman keamanan cyber pun ikut meningkat. Perusahaan digital tech IT service tidak hanya menyediakan layanan IT yang solutif saja, tetapi juga menawarkan langkah proaktif untuk membendung arus dan melindungi data-data penting bagi banyak bisnis dan organisasi dalam melindungi data-data mereka yang terhubung secara digital. Bagaimanapun, sampai hari ini perusahaan di Indonesia terus mengalami satu serangan cyber besar per harinya. Oleh karena itu, kebutuhan untuk memperkuat keamanan cyber menjadi prioritas penting untuk melindungi aset internal mereka.

 

Masa Depan Transformasi Digital di Indonesia

 

Transformasi digital di Indonesia belum bisa dikatakan sempurna. Masih ada banyak tantangan yang perlu dihadapi agar digital society bisa benar-benar terbentuk, mengingat sebagian besar bisnis sampai saat ini masih bergerak dengan cara konvensional karena kurangnya dukungan dan kemampuan IT internal yang memadai. Bagaimanapun, transformasi digital memerlukan pergeseran tradisional ke arah pendekatan yang lebih inovatif dan eksperimental untuk memulai cara-cara baru yang bisa memberikan solusi baru, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, mendorong kolaborasi karyawan, dan memacu pertumbuhan bisnis.

 

Oleh karenanya, untuk menghadapi tantangan ini pemerintah Indonesia pun turut menyusun Peta Jalan Digital Indonesia 2021-2024 yang dapat diklasifikasikan ke dalam empat program strategis, yaitu pendekatan infrastruktur TIK, penataan dan pengelolaan pos informatika, program pemanfaatan teknologi informasi komunikasi, dan program komunikasi publik. Harapannya, dengan mempercepat transformasi digital di Indonesia, ini bisa menjadi kunci untuk membuka potensi dalam negeri dalam daya saing global dan pembangunan jangka panjang, serta memberdayakan masyarakat dan bisnis untuk meraih peluang pasar yang baru.

 

Begitu pula dengan perusahaan digital tech IT service. Demi mewujudkan transformasi digital, kita tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Dibutuhkan kolaborasi dari semua komponen bangsa yang ada, baik itu masyarakat, organisasi bisnis, pemerintah, dan penyedia layanan IT. Karena itulah, demi tercapainya digital society yang lebih baik, ke depannya pun peran perusahaan digital tech IT service masih akan sangat dibutuhkan.

Contact Us

Let's Get Connected. Explore What We Can Do for You.

For more inquiries, please contact us through our social media channels below.

www.telkomsigma.co.id
Head Office
Graha Telkomsigma II
Jl. CBD lot VIII Nomor 8,
kelurahan lengkong gudang,
Tangerang 15321, Indonesia
NAVIGATION
PRODUCT & SERVICES
OTHERS